Psyche: Jurnal Psikologi
Vol 1, No 1 (2019)

LUPA, DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR DAN ISLAM

Rena Kinnara Arlotas (Program Studi Psikologi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang)
Robi Mustika (Program Studi Psikologi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Belajar merupakan perubahan perilaku yang bersifat relatif permanen, yang diperoleh melalui pengalaman- melalui interaksi dengan lingkungan. Belajar merupakan kunci dalam pendidikan. Namun seringkali proses belajar diganggu oleh terjadinya “lupa”. Lupa dapat menghambat efektivitas proses belajar. Psikologi belajar dan Islam memiliki pandangan yang berbeda mengenai lupa. Psikologi belajar memandang lupa terjadi karena telah lamanya informasi terseimpan dalam memori dan tidak digunakan, terganggunya informasi lama akibat munculnya informasi baru atau sebaliknya, terganggunay skema kognitif mengenai suatu informasi, dank arena memang informasi tersebut sengaja dilupakan. Namun Islam lebih memandang bahwa lupa terjadi karena lalainya manusia dari mengingat dan mendekatkan diri pada Allah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

TIT

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PSYCHE: Jurnal Psikologi published by Psychology Faculty Universitas Muhammadiyah Lampung. Psyche aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society. Psyche consist topics related to clinical psychology, industry ...