Penelitian yang berjudul ”Kendala yang dihadapi Guru dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar” ini mengangkat masalah apa saja kendala yang dihadapi guru-guru SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar dalam mengajar matematika. Dalam pelaksanaan pengajaran matematika di tingkat sekolah dasar guru-guru yang mengajar mata pelajaran matematika dituntut mampu menguasai materi matematika secara baik dan benar, menguasai metode-metode mengajar, mampu menggunakan alat peraga untuk mempercepat pemahaman siswa terhadap konsep yang dimaksudkan dan dapat mengelola kelas dengan baik sehingga tercipta suasana belajar yang nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengajar matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 10 orang yaitu guru matematika kelas I1, I2, II1, II2, III, IV1, IV2, V1, V2 dan VI di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Dari seluruh populasi peneliti mengambil keseluruhannya menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, angket dan wawancara. Teknik pengolahan data adalah dengan menganalisis semua data yang diperoleh selama penelitian, data-data angket ditabulasikan kemudian mengambil kesimpulan umum berdasarkan jawaban yang terbanyak. Dalam hal ini analisis data menggunakan rumus presentase Dari hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian guru yang mengajar matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pengajaran matematika, diantaranya disebabkan karena guru kurang memiliki wawasan luas tentang materi matematika, kurang media pembelajaran dan sulitnya guru dalam mengelola kelas karena jumlah siswa terlalu banyak dalam satu kelas. iv
Copyrights © 2015