Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan sepaktakraw serta masih belum ditemukannya metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan sepaktakraw pada atlet UKO UNP Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) melihat pengaruh penggunaan metode konvensional terhadap peningkatan keterampilan sepaktakraw pada atlet UKO UNP Padang, (2) melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran (audio-visual) terhadap peningkatan keterampilan sepaktakraw pada atlet UKO UNP Padang, (3) melihat perbedaan pengaruh antara metode konvensional dengan penggunaan media pembelajaran (audio-visual) terhadap peningkatan keterampilan sepaktakraw pada atlet UKO UNP Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah atlet sepaktakraw UKO UNP Padang yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 16 orang putra dan 10 orang putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan menetapkan atlet putra sebanyak 16 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes : (a) tes menimang bola, (b) tes passing, dan (c) tes service. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji t dependent sample, dan uji t independent sample. Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahsan dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan peningkatan keterampilan sepaktakraw dengan metode konvensional, (2) terdapat pengaruh yang signifikan peningkatan keterampilan sepaktakraw dengan metode pembelajaran (audio-visual), (3) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan sepaktakraw antara kelompok latihan metode konvensional dengan kelompok metode pembelajaran (audio-visual). Dimana kelompok latihan metode pembelajaran (audio-visual) lebih efektif dalam peningkatan keterampilan sepaktakraw atlet UKO UNP Padang. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan sepaktakraw disarankan dagar melakukan latihan dengan metode pembelajaran (audio-visual) ikarena terbukti efektif digunakan dalam peningkatan keterampilan sepaktakraw.
Copyrights © 2018