Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol 7 No 1 (2019): Maret 2019 - Agustus 2019

METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN AT-TAQWA KOTA CIREBON

Nurkhaeriyah Nurkhaeriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode menghafal al-Qur’an yang digunakan Rumah Tahfidz Qur’an At-Taqwa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari data tersebut dianalisis dengan mereduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan data metode menghafal al-Qur’an yang digunakan di Rumah Tahfidz Qur’an At-Taqwa Cirebon adalah Metode Yababa (yahfadzuna bareng-bareng ) kelas forkids memiliki 2 kategori, kategori 1 target 3 ayat/pertemuan maka juz 30 akan mampu ditempuh dalam waktu 12 bulan dan kategori 2 target 5 ayat/ pertemuan maka juz 30 akan mampu ditempuh dalam waktu 8 bulan. Proses yang harus dilalui dalam setiap pertemuan adalah musyafahah (face to face), takrir, muroja’ah, mudarosah menggunakan media bermain, menggunakan media audio visual dan tes. Untuk meningkatkan hasil hafalan peserta didik, selama 1 tahun Rumah Tahfidz Qur’an At Taqwa Cirebon mencoba memaksimalkan media bermain, supaya peserta didik tidak merasa bosan dan proses menghafal menjadi kegiatan yang menyenangkan. Faktor pendukung program menghafal Al-Qur’an di rumah Tahfidz Qur’an At-Taqwa yaitu faktor peserta didik yang semangat dan antusias dalam menghafal, faktor orang tua yang ikut membantu proses menghafal anak di rumah, pendidik/ ustadz dan ustadzah yang menggunakan metode pembelajaran secara tepat dan inovatif, serta sarana dan prasarana yang tersedia di Rumah tahfidz Qur’an maupun di rumah pribadi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah semangat menghafal anak kadang kondisi peserta didik kurang fokus, kondisi orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat mengulang hafalan anak di rumah, serta sarana dan prasarana yang kurang tersedia. Kata kunci: Metode, Menghafal al-Qur’an, Anak Usia Dini

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...