Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2014)

Meningkatkan Karakter Mandiri Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Di Kelas VIII-C SMPN 13 Banjarmasin

Pasani, Chairil Faif (Unknown)
Pramita, Mitra (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2014

Abstract

Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap  siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 13 Banjarmasin tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah karakter mandiri siswa dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi.Pencapaian nilai karakter mandiri dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS cenderung meningkat, dari hasil penelitian menunjukkan pencapaian nilai karakter mandiri selama dua siklus menunjukkan kualifikasi karakter Menjadi Kebiasaan (MK) sebesar 6,67%. Hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran matematika juga meningkat dari siklus I termasuk dalam kualifikasi baik menjadi amat baik pada siklus II.Kata Kunci: Karakter Mandiri, Hasil Belajar, Model Kooperatif  Tipe TPS

Copyrights © 2014