Praktik klinik kebidanan dirancang untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten dan mahir dalam memberikan asuhan kebidanan yang komprehensif. Dalam pembelajaran praktik klinik, masih banyak keluhan mahasiswa yang merasa tujuan pembelajarannya kurang tercapai. Hal tersebut berkaitan dengan kepuasan mahasiswa. Telah dilakukan penelitian dari tanggal 24 April-22 Juli 2006 terhadap 25 orang mahasiswa Prodi Kebidanan Bogor semester VI yang sedang praktik klinik kebidanan III. Penelitian ini menggunakan metoda survey untuk mengetahui gambaran kepuasan mahasiswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran praktik klinik kebidanan III, berdasarkan dimensi tangibles, responsiveness, emphaty, reliability dan assurance. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisa data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, importance-performance analysis dan uji Mann Withney U. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap dimensi tangibles dirasakan tidak puas. Untuk dimensi responsiveness, emphaty, dan assurance secara umum dirasakan puas, dan untuk dimensi reliability dirasakan cukup puas. Secara uji statistik, terdapat perbedaan yang bermakna antara yang dirasakan dengan yang diharapkan mahasiswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran praktik klinik kebidanan III (P < 0,05). Untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran praktik klinik dan menimbulkan kepuasan mahasiswa, disarankan untuk mengidentifikasi terlebih dahulu lahan praktik yang akan digunakan. Selain itu disarankan untuk menggunakan sistem mentoring karena sistem tersebut ternyata lebih baik dari sistem bimbingan biasa.Kata kunci : kepuasan, mahasiswa, praktik klinik kebidanan
Copyrights © 2014