Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SDN TO’LEMO

Herniawati, Herniawati (Unknown)
Arihi, La Ode Safiun (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri To’lemo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada Materi Pemerintahan Desa/Kelurahan dan Kecamatan. 2). Untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru PKn Kelas IV SD Negeri To’lemo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada Materi Pemerintahan Desa/Kelurahan dan Kecamatan. 3). Untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri To’lemo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada Materi Pemerintahan Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Prosedur penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu; (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan evaluasi, dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 77,14% dengan nilai rata-rata 73,71, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 94,28% dengan nilai rat-rata 81,85. Tindakan siklus I pertemuan pertama jumlah skor aktivitas mengajar guru adalah 75% dan pertemuan kedua 75% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama jumlah skor aktivitas mengajar guru mencapai 87,50% dan pada pertemuan kedua naik menjadi 100%. Tindakan siklus I pertemuan pertama jumlah skor aktifitas belajar siswa mencapai 62,50% dan pertemuan kedua naik menjadi 75% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama mencapai 87,50% dan pada pertemuan kedua naik menjadi 100%.Kata Kunci: Model pembelajaran kontekstual; hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...