Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020

Deskripsi Kebahagiaan Belajar Mahasiswa BKI Pada Masa Pandemi COVID-19

Abd. Aziz Rusman (Dosen FITK UIN Sumatera Utara Medan)
Fauziah Nasution (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Abstract: Masa pandemi covid-19 merubah banyak aspek kehidupan,termasuk di dalamnya dunia pendidikan. Mahasiswa sebagai pesertadidik di perguruan tinggi mengalami dampak dalam proses pembelajaran.Penelitian ini berupaya mendeskripsikan kebahagiaan belajar mahasiswaBKI masa pandemi covid-19.Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif. Sampel berjumlah 191 orang mahasiswa. Instrumen yangdigunakan agket. Teknik pengambilan data melalui googleform yangdibagikan kepada seluruh responden. Data dianalisis dengan datadeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sebanyak 1,05%kebahagiaan belajar berada pada kategori tinggi, 95,29% berada padakebahagiaan belajar sedang, dan sebanyak 3,66% kebahagiaan belajarmahasiswa berada pada kategori rendah; 2) Kebahagiaan belajarmahasiswa semester II 1,49% tinggi, 67,02% sedang, 2,09% rendah.Semester IV, 0,00% tinggi, 95,52% sedang, 2,99% rendah. Semester VI,0,00% tinggi, 94,29% sedang, 5,71% rendah. 3) Kebahagiaan belajarmahasiswa laki-laki 0,00%tinggi, 100% sedang, dan 0,00% rendah.Kebahagiaan belajar mahasiswa perempuan 1,17% tinggi, 94,74%sedang, dan 4,09% rendah.Keywords: Kebahagiaan, belajar, pandemi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...