The problem in this study was children low scientific thinking ability in Sukabumi kindergarten Bandar Lampung, which marked by the low scientifically such as making geometry stamp, experimenting the mass of object, mixing colours, and observing the nature of water. The purpose of this research was to know the influences of natural realism media toward children scientific thinking ability. This research used quantitative method with causal associative type. The samples were 30 children. Data technique were using observation and documentation, and analyze by simple linear regression. The results showed that there was a significant influences between natural media realia and children scientific thinking ability aged 5-6 years in Bangsa Ratu kindergarten Sukabumi Bandar Lampung.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berfikir ilmiah anak di TK Bangsa Ratu Sukabumi Bandar Lampung, yang ditandai anak belum mampu berfikir secara ilmiah seperti membuat stempel geometri, bereksperimen tentang massa benda, pencampuran warna, dan mengamati sifat air. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia alam sekitar terhadap kemampuan berfikir ilmiah anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Sampel penelitian berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media realia alam sekitar dengan kemampuan berfikir ilmiah anak usia 5-6 tahun di TK Bangsa Ratu Sukabumi Bandar Lampung.Kata kunci : anak usia dini, berfikir ilmiah, media realia alam sekitar.
Copyrights © 2018