Tuturan sebagai bentuk komunikasi setiap individu memiliki makna dan maksud tertentu yang disampaikan oleh penutur kepada mitra tuturnya. Adanya bentuk tuturan tertentu dari penutur akan mempengaruhi pemahaman dan tanggapan dari mitra tuturnya. Dengan demikian, tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan salah satu bentuk tindak tutur, yaitu tindak tutur perlokusi dalam film “The Teacher’s Diary†dengan subtitle Bahasa Indonesia. Data dalam kajian ini diperloeh dari dialog adegan atau tuturan tokoh dalam film tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak dan catat. Hasil dari kajian ini mengungkapkan bahwa dalam film “The Teacher’s Diary†dengan subtitle Bahasa Indonesia mengandung tindak tutur perlokusi yang meliputi tindak tutur perlokusi membujuk, menipu, mendorong, membuat jengkel, menkut-nakuti, menyenangan, melegakan, mempermalukan, dan menarik perhatian. Hasil kajian ini, diharapkan dapat menambah khasanah keilmuan tentang pragmatik dan dapat memberikan pemahaman mengenai bentuk tindak tutur perlokusi untuk pembaca.
Copyrights © 2020