Al-Mau'izhoh : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1, No 1 (2019)

Pengaruh Metode Direct Method terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Di Kelas IX MTs Nurul Hikam Bantarujeg Kabupaten Majalengka

Nurhidayat - (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh para siswa. Dengan demikian membutuhkan berbagai macam cara dan metode untuk mencapai tujuan dan prestasi pembelajaran yang diharapkan. Banyak metode yang bisa diterpkan dalam proses pembelajaran bahasa Arab diantaranya metode terjemah, metode nahwiyyin, metode sharaf/tashrif dan metode direct method atau metode langsung.Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Hikam Bantarujeg dengan objek penelitiannya adalah kelas IX yang berjumlah 50 orang sebagai populasi sekaligus sebagai sampelnya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan quesioner atau angket dan uji kelasiknya adalah validitas dan reliabilitas selanjutnya dilakukan analisis korelasi untuk mencari hubungan serta pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan rumus product momentPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Bagaimana metode direct mthod mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IX MTs Nurulhikam Bantarujeg Kabupaten Majalengka?, 2) Bagaimana prestasi belajar Bhasa Arab di kelas IX MTs Nurulhikam Bantarujeg Kabupaten Majalengka?, dan 3)Bagaimana pengaruh metode direct method terhadap prestasi belajar Bhasa Arab di kelas IX MTs Nurul Hikam Bantarujeg Kabupaten Majalengka?Metode direct method merupakan salah satu metode yang digunakan dalam KBM bahasa Arab di MTs Nurul Hikam dianggap baik. Adapun korelasi antar kedua variabel penelitian adalah baik yakni dalam posisi 0,809, sedangkan pengaruh Metodedirect method terhadap prestasi belajar bahasa arab sebesar 65,448 % sedangkan 34,5519 % nya lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

am

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

jurnal ini mencakup berbagai kajian pendidikan Islam, dasar - dasar pendidikan Islam, metode pembelajaran Islam, ...