Jambura Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 1: Maret 2020

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar

Febiyanti Hasan (Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo)
Sarson W.Dj. Pomalato (Pascasarjana UNiversitas Negeri Gorontalo)
Hamzah B Uno (Pascasarjana UNiversitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan menggunakan rancangan faktorial  dilaksanakan pada siswa SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan RME, hasil belajar matematika peserta didik yang memiliki motivasi belajar intrinsik lebih tinggi dari peserta didik yang memiliki motivasi belajar ekstrinsik. Selain itu terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran RME dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Hal ini menunjukan bahwa Pendekatan RME cocok di belajarkan pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar intrinsik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmathedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu) is a peer-reviewed journal published by the Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo. This journal is available online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JMathEdu is a national journal ...