Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika)
Vol 1 (2016): Edisi Juli

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMK MARIA GORETTI PEMATANGSIANTAR MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Rotua Sihombing Hutasoit (STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar)
Agus Perdana Windarto (STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar)
Dedy Hartama (AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar)
Solikhun Solikhun (AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2017

Abstract

Memiliki guru, staf tenaga pengajar yang profesional merupakan sebuah keharusan bagi sekolah dalam melaksanakan proses pendidikan yang bermutu, demikian halnya dengan SMK Maria Goretti Pematangsiantar. Untuk itu, sekolah selalu mendorong peningkatan profesionalitas guru dengan cara memantau kerja guru dalam mengimplementasikan tugasnya sehingga dapat mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Sistem pendukung keputusan secara umum didefenisikan sebagai sebuah sistem yang mampu menghasilkan pemecahan maupun penanganan masalah. Sistem pendukung keputusan tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran pengambil keputusan, tapi untuk membantu dan mendukung pengambil keputusan. Dalam peranan sistem pendukung keputusan dalam konteks keseluruhan sistem informasi ditujukan untuk memperbaiki kinerja melalui aplikasi teknologi informasi serta menentukan pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sampai mengevaluasi pemilihan interaktif. Salah satu metode yang sering digunakan dalam sistem pendukung keputusan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting (SAW) ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah penentuan guru terbaik pada SMK Maria Goretti Pematangsiantar menggunakan metode SAW (simple additive weighting). Dengan metode perangkingan tersebut diharapkan penilaian akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurasik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JURASIK adalah jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang Sistem Informasi dan Teknik Informatika. JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika) adalah jurnal ilmiah dalam ilmu komputer dan informasi yang ...