Nursing Sciences Journal
Vol 2, No 2 (2018): Oktober 2018

Kajian Kebutuhan Belajar Mahasiswa Sarjana Keperawatan di Bandung: Sebuah Studi dengan Pendekatan Kualitatif

Lindayani, Linlin (Unknown)
Purnama, Heni (Unknown)
Dharmansyah, Dhika (Unknown)
Calisane, Nyanyu Nina Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Isu perbedaan yang mencolok antara materi yang disampaikan saat perkuliahan dengan kondisi praktek di klinik menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan, sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan keperawatan dan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Sebagian besar mahasiswa keperawatan mengeluhkan adanya kesulitan dalam memahami kondisi di klinik yang komplek saat proses pembelajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kebutuhan belajar mahasiswa keperawatan khususnya program studi sarjana keperawatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program sarjana di salah satu kampus keperawatan di Bandung. Teknik convenience sampling digunakan untuk proses seleksi partisipan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan tiga tema, yaitu: diperlukan timbal balik yang cepat, simulasi yang lebih banyak, dan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa pendidikan keperawatan yang dilaksanakan saat ini mungkin tidak memenuhi kebutuhan belajar siswa terutama di sekolah swasta. Sehinga peneliatian lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengembangkan lebih banyak metode atau desain dalam pendidikan keperawatan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan siswa dan memberikan pendidikan yang lebih baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nsj

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health

Description

Nursing Sciences Journal (NSJ), is a peer-reviewed journal devoted to publish research papers in nursing areas such as fundamental and basic nursing, adult or medical surgical nursing, neonatal and pediatric nursing, maternity nursing, mental health and psychiatric nursing, family and community ...