Gorga : Jurnal Seni Rupa
Vol 2, No 1 (2013): Gorga : Jurnal Seni Rupa

Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi di Kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Rookuli Lubis dan Sugito (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP GKPI Padang Bulan Medan. Dari hasil wawancara dengan guru seni budaya ditemukan bahwa para siswa belum pernah diajarkan menggambar ilustrasi lingkungan sekolah secara langsung di lapangan, belum pernah mendapatkan pengalaman belajar dari lingkungan keadaan sekolah mereka sendiri dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar menggambar ilustrasi siswa kelas VIII-2 SMP GKPI Padang Bulan Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP GKPI Padang Bulan Medan dengan jumlah 29 siswa. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Penilaian Siswa, Tes Unjuk Kerja, Catatan Lapangan dan dokumentasi. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar pada tiap siklus terjadi peningkatan, pada siklus pertama nilai pre test yang di peroleh sebesarĀ  10,3% siswa yang tuntas dengan jumlah siswa 3 orang dan nilai rata-rata siswa sebesar 50,4 dan mengalami peningkatan pada saat post test siklus I menjadi 44,8% siswa yang tuntas dengan jumlah siswa 13 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 67,6. Pada saat siklus II terjadi peningkatan dari post test siklus I ke post test siklus II menjadi 82,7% yang tuntas dengan jumlah siswa 24 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 79,7. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 36,2%. Dengan demikian, akhirnya dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Explicit Instruction di duga akan dapat meningkatkan hasil belajar menggambar ilustrasi di SMP GKPI Padang Bulan Medan dan dapat diterima keberlakuannya untuk dapat digunakan dalam pembelajaran menggambar ilustrasi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

gorga

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Gorga : Jurnal Seni Rupa terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran, hasil penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi (seniman), dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan, kajian seni, desain, ...