Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 01 (2019): Nilai-Nilai Keislaman, Pembelajaran Agama dan Bahasa

Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Sukabumi

Ridwan Fauzi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab menempati posisi signifikan, lebih-lebih pada era komunikasi global seperti sekarang. Metode langsung menjadi pilihan metode pembelajaran di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum. Tujuan Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui implementasi metode langsung dalam Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Sukabumi. Penelitian menggunankan pedekatan kualitatif. Subjeknya adalah para santi Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Sukabumi. Penelitian menemukan bahwa penerapan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Sukabumi mulai tahun 1996 yang dirintis oleh Ust.H.Iskandar, S.Ag., M.Si, masalah pelaksanaan metode langsung dalam pembelajaran Bahasa dari aspek guru, santri dan media. Dalam hal ini perlu penekanan semangat pengajar, disiplin santri dan intensitas penggunaan media pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan supaya ditingkatkan pembinaan terhadap penggerak bahasa, penambahan waktu pembelajaran Bahasa Arab, dan disiplin berbahasa yang baik. Kata kunci: Metode Langsung, Pembelajaran Bahasa Arab, Pondok Pesantren

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtt

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Tarbiyatu wa Talim: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Education, which includes Islamic Education Materials; Educators and Students; Learning methods; Curriculum; Politics ...