Tenaga pendidik bertanggung jawab atas prestasi belajar peserta didik, sehingga kemampuan tenaga pendidik sangat diperlukan dalam rangka menjalankan peranannya. Namun berdasarkan studi pendahuluan peran tenaga pendidik masih belum maksimal dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, hal tersebut di tandai dengan perolehan nilai yang rendah. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan referensi untuk memaksimalkan peran tenaga pendidik dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Kajian menggunakan buku-buku dan literatur-literatur lainnya di antaranya buku tentang tenaga pendidik dan perannya dalam proses pembelajaran. Selain itu, data penelitian ditunjang dengan hasil wawancara dengan narasumber di antaranya tenaga pendidik yang mengajar di sebuah sekolah. Selanjutnya data penelitian dipilih, dicari, disajikan dan dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian bahwa prestasi belajar peserta didik Menjadi salah satu indikasi keberhasilan Tenaga Pendidik, peranan tenaga pendidik dalam hal ini di antaranya yaitu sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator dan informan. Melalui penelitian ini tenaga pendidik dapat memaksimalkan peranannya dalam meningkatkan capaian prestasi belajar peserta didik.
Copyrights © 2019