Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1 (2020): Pengelolaan Peserta Didik dan Teknologi Pembelajaran

Korelasi Akhlak terhadap Kedisiplinan Peserta Didik

Ilis, Ai (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Kajian ilmiah ini membahas mengenai Korelasi Akhlak Peserta Didik Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana korelasi antara Akhlak terhadap kedisiplinan di kalangan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 2, SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 21 Kota Samarinda tahun pelajaran 2017/2018, sejumlah 2.745 responden. Sampel yang diambil dengan teknik klaster berdasarkan letak daerahnya sebesar 96 peserta didik dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data digunakan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akhlak secara parsial memiliki korelasi yang sedang terhadap kedisiplinan peserta didik, dimana r = 0,245 dengan kontribusi korelasi yang sedang sebesar 24,5%. Hipotesis yang menyatakan terdapatnya korelasi yang signifikansi antara akhlak dengan kedisiplinan peserta didik terbukti dengan nilai = 5,641 pada taraf signifikansi t sebesar 0,000 (sig.t<0,05). Akhlak yang baik menuntun untuk melaksanakan kedisiplinan pada aturan yang ada, oleh karena itu penting memiliki akhlak yang baik, berprilaku dengan sebaik-baiknya dan menerapkan dalam kehidupan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtt

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Tarbiyatu wa Talim: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Education, which includes Islamic Education Materials; Educators and Students; Learning methods; Curriculum; Politics ...