Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT)
Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (September 2020)

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN TAMBANG YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018)

Ronni Andri Wijaya (Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Indonesia)
Dori Mittra Candana (Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Indonesia)
Zefriyenni Zefriyenni (Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, indonesia)
Ridwan Ridwan (Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh VACA,VAHU dan STVA terhadap Nilai Perusahaan, dan apakah Profitabilitas mampu memediasi pengaruh VACA, VAHU dan STVA terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purpose sampling yaitu dengan jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Linier Berganda dan Analisis Jalur (Path Analysis) dengan menggunakan SPSS 21.0. Hasil yang didapat secara parsial (uji-t) adalah VACA dan STVA berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), sedangkan VAHU tidak berpengaruh signifikan terhadap Prrofitabilitas (ROA). VACA, VAHU dan STVA tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Profitabilitas (ROA) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Profitabilitas (ROA) memediasi pengaruh VACA dan VAHU terhadap Nilai Perusahaan namun tidak mampu memediasi pengaruh VAHU terhadap Nilai perusahaan. Kontribusi VACA, VAHU dan STVA terhadap Prifitabilitas (ROA) adalah sebesar 65,5% sedangkan sisanya sebesar 34,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Kontribusi VACA, VAHU ,STVA dan ROA terhadap Nilai Perusahaan adalah sebesar 48,9% sedangkan sisanya sebesar 51,1% merupakan kontribusi dri variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIMT

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen dan Ekonomi. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi ...