Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Vol 1 No 2 (2019): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS IX-1 SMP NEGERI 1 PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Rosani Rosani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Pancur BatuDeli Serdang; (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar hasil belajar IPS siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Pancur BatuDeli Serdang dengan men ggunakan menggunakan pendekatan CTL. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Pancur BatuDeli Serdang yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan siswa, wawancara, dan tes. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPS dalam bentuk pilihan berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil ulangan harian semester ganjil TA. 2014/2015 dari 40 orang siswa yang menguasai materi hanya sekitar 20% atau sekitar 8 orang. Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui pendekatan CTL tes hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal diperoleh 35% (14 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 90% (36 siswa), sehingga dari kondisi di siklus I setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II meningkat sebesar 55%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jetl

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Education and Teaching Learning (JETL) invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to education, which include textual and field studies with various perspectives, Education Management, Education Policy, ...