Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Vol 1 No 2 (2019): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)

MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX4 SMP NEGERI 1 PANCUR BATU KAB. DELI SERDANG DALAM PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN STATISTIKA T.A 2014/2015

Tiodor Matanari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan soal pada pokok bahasan statistika dalam pembelajaran dengan model pembelajaran partisipatif dan untuk megetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika dengan model pembelajaran partisipatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Pancur Batu Kab. Deli Serdang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX4 yang berjumlah 37 orang. Objek yang diteliti adalah model pembelajaran partisipatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum melakukan perencanaan tindakan, terlebih dahulu diberikan pre test (Tes Awal) kepada siswa yang bertujuan mengetahui kemampuan awal siswa dan gambaran-gambaran kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan statistika. Berdasarkan data diatas dapat dilihat bahwa secara keseluruhan ketuntasan hasil belajar siswa jauh dibawah nilai tuntas dan mayoritas (78,37%) tingkat penguasaan siswa berada pada tingkat sangat rendah. Dilihat dari tes awal yang diberikan, banyak siswa yang mengalami kesulitan dan kesalahan dalam menjawab soal statistika (mean, median, modus). Dari hasil tes awal ini digunakan sebagai acuan dalam pemberian tindakan menyusun skenario pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran partisipatif. Berdasarkan hasil tes hasil belajar I setelah diadakan tindakan I, diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,2162, dimana dari 37 siswa terdapat 26 orang (70,27%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 11 orang (29,72%). Kemudian dari data juga dapat dilihat ada 7 orang (18,91%) siswa yang tingkat penguasaannya rendah bahkan terdapat 4 orang (10,81%) siswa yang tingkat penguasaannya masih sangat rendah, dimana nilai terendah adalah 30 dan tertinggi adalah 95. Berdasarkan hasil post test II setelah diadakan tindakan siklus II, diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,1081 dimana dari 37 siswa terdapat 32 orang (86,49%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 5 orang (13,51%). Berdasarkan data tersebut, dapat dilihat peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan individual sebanyak 32 orang (86,49%) dan telah mencapai syarat ketuntasan klasikal (85%). Kemudian dari data juga dapat dilihat tidak ada lagi siswa yang tingkat penguasaannya sangat rendah, dimana nilai terendah adalah 55 dan tertinggi adalah 95. Maka, disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari yang sebelumnya dan telah mencapai tingkat ketuntasan klasikal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajara partisipatif, hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika pokok bahasan statistika pada siswa kelas IX4 SMP Negeri 1 Pancur Batu Kab. Deli Serdang meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jetl

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Education and Teaching Learning (JETL) invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to education, which include textual and field studies with various perspectives, Education Management, Education Policy, ...