Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI KULIAH MENULIS PANTUN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU

Mutia Febriyana (Unknown)
Winarti Winarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Apakah strategi pembelajaran the power of two dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik pada materi kuliah menulis pantun, (2) Apakah strategi pembelajaran konvensional dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik pada materi kuliah menulis pantun, (3) Manakah diantara strategi pembelajaran the power of two dan konvensional yang lebih baik ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada materi menulis pantun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU. Sampeldalampenelitianiniadalah mahasiswa semester VI kelas BpagisebagaikelaseksperimendankelasB soresebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes esai. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional dalam menulis pantun lebih rendah dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran the power of two dalam menulis pantun yakni 91,15. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa menggunakan strategi the power of two lebih baik dibandingkan dengan menggnakan strategi pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...