Penelitian bertujuan menemukan bukti empiris keefektifan konseling kelompok denganpendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk menurunkan kecemasanpeserta didik Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP-IT) Masjid SyuhadakYogyakarta. Prosedur penelitian mengacu pada tahapan penelitian eksperimen jenis One-Group Pretest-Postest Design. Subyek eksperimen berjumlah 7 peserta didik yangdiidentifikasi memiliki kecemasan tingkat tinggi berdasarkan hasil asesmenmenggunakan instrumen angket. Eksperimen dilakukan dengan memberikan konselingkelompok menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy kepada subyekeksperimen. Data hasil eksperimen dianalisis dengan T-test. Hasil analisis datamenunjukkan nilai t: 8,908 dengan p: 0,00 < 0,05 yang berarti konseling kelompokmenggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terbukti efektifmenurunkan tingkat kecemasan peserta didik Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu(SMP-IT) Masjid Syuhadak Yogyakarta.Kata kunci: konseling kelompok, REBT, kecemasan
Copyrights © 2018