JURNAL BIOSHELL
Vol 3 No 1 (2014): BIOSHELL

PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Munawaroh, Vony Oktavia (Unknown)
-, Suratno (Unknown)
Budiono, Arifin Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2017

Abstract

            Pembelajaran biologi yang disampaikan oleh guru selama ini kurang menarik dan tidak ada improvisasi dalam penyampaian materi . Hal ini berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang nantinya juga membuat hasil belajar siswa rendah .Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas . Prosedur yang digunakan adalah model siklus yaitu setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi .Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa  : (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode eksperimen efektif dan berpengaruh positif terhadap keaktifan, keefektifan dan prestasi siswa dalam pembelajaran Biologi; (2) Dengan metode eksperimen minat belajar siswa meningkat dari 64,94% menjadi 95,40%; (3)Meningkatnya hasil belajar rata-rata siswa dari 74 menjadi 83 dan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa dari 62% menjadi 97% dengan model pembelajaran tipe STAD dengan metode eksperimen .Kata Kunci  :  STAD ,  eksperimen , minat , hasil belajar 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

BIO

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil ...