Unilib: Jurnal Perpustakaan
Vol. 9 No. 1 2018

Reading Day (One Book One Person): Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Perwujudan Budaya Baca di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe

Ernawati Ernawati (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
10 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sukma Bangsa Lhokseumawe. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena atau objek implementasi program Gerakan Literasi Sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan GLS di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe dengan Reading Day (One Book One Person). Program menjadi salah satu program pembiasaan membaca yang diterapkan di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Model membaca buku (One Book One Person) bukan buku pelajaran selama 15 menit dikembangkan antara guru dan pustakawan yang melakukan kolaborasi bersama. Strategi yang dilakukan dengan sepuluh cara yaitu membentuk panitia GLS, strategi sosialisasi program, siswa dan guru memiliki satu buku bacaan, pelibatan seluruh elemen sekolah, membuat papan afirmasi, menentukan target bacaan, mempresentasikan buku yang dibaca, mengevaluasi kegiatan, memberikan apresiasi, mengumpulkan hasil tulisan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

unilib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi ...