Unilib: Jurnal Perpustakaan
Vol. 10 No. 1 2019

Mengasah Kemampuan Intelektual Melalui Literasi Informasi Model Big 6™ :Integrasi Dengan Pembelajaran Model Berpikir Induktif

Ulfah Rulli Hastuti (IAIN Purwokerto)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Literasi informasi sebagai keterampilan informasi dapat memotivasi siswa berpikir kritis, belajar mandiri dan terampil dalam mencari, mengolah dan mendayagunakan informasi untuk memecahkan permasalahan. Kegiatan literasi informasi untuk meningkatkan daya pikir kritis siswa dapat ditempuh dengan mengasah cara meningkatkan 1) kemampuan membaca 2) kemampuan menulis 3) kemampuan menyimak. Dengan mengintegrasikan literasi informasi model BIG 6™ dalam pembelajaran model berpikir induktif,daya pikir dan kreativitas siswa akan terasah sehingga siswa mampu menyerap dan memahami apa yang dipelajari. Karena semua kegiatan literasi informasi dapat dikemas dalam materi dan tugas sederhana dengan melibatkan berbagai sumber belajar di luar rungan ( out door ).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

unilib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi ...