Unilib: Jurnal Perpustakaan
Vol. 6 No. 1 2015

Integrasi Perpustakaan Dan Kurikulum Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Nilai Indeks Prestasi Mahasiswa-Santri Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia

Imam Sahroni (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hadirnya fasilitas perpustakaan terhadap nilai Indeks Prestasi (IP) mahasiswa di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia (UII) pada pergantian tahun akademik, yaitu semester genap 2011/2012 dan semester ganjil 2012/2013. Dalam hal ini juga dapat dilihat efektivitas program integrasi perpustakaan dengan kurikulum berbasis riset guna mendukung peningkatan nilai indeks prestasi mahasiswa dan misi perguruan tinggi menjadi World Class University (WCU). Data primer diambil dari mahasiswa-santri Pondok Pesantren Universitas Islam Indosia (UII) angkatan 2009 (12 mahasiswa), 2010 (10 mahasiswa), dan 2011 (12 mahasiswa). Dari analisa data didapatkan hasil persentase kenaikan prestasi akademik mahasiswa-santri Pondok Pesantren UII angkatan 2009 (12 mahasiswa) mengalami kenaikan nilai Indeks Prestasi sebanyak 75 % (9 mahasiswa) dan 25 % (3 mahasiswa) mengalami penurunan. Untuk angkatan 2010 mengalami kenaikan nilai Indeks Prestasi sebanyak 70 % (7 mahasiswa) dan penurunan 30 % (3 mahasiswa). Untuk angkatan 2011 mengalami peningkatan nilai Indeks Prestasi sebanyak 52 % (7 mahasiswa) dan penurunan 42 % (5 mahasiswa).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

unilib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi ...