Gagasan Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 2 (2020)

Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Warta Bahasa Sunda Siswa Kelas VIII melalui Model Pembelajaran Tutorial Sebaya

Ani Aprilani (SMPN 1 Citeureup, Kabupaten Bogor)
Asep Rohendi (SMPN 1 Citeureup, Kabupaten Bogor)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis warta Bahasa Sunda melalui model pembelajaran tutorial sebaya. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Citeureup, Jawa Barat, Indonesia pada bulan Juli sampai dengan bulan Oktober tahun 2019 dengan materi menulis warta pelajaran Bahasa Sunda. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peran peneliti sebagai tenaga pengajar, dibantu oleh salah seorang guru Bahasa Sunda sebagai kolaborator. Sampel yang dipilih pada penelitian ini terdiri atas 38 siswa pada kelas VIII-I tahun pelajaran 2019-2020 dengan teknik cluster random sampling. Data hasil penelitian diambil melalui test tertulis berupa pre-test dan post-test, hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata post-test hasil belajar Bahasa Sunda dari siklus pertama ke siklus ke dua yakni naik dari 71,7 menjadi 82,6 dan sudah berada di atas nilai kriteria ketentuan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelejaran tutorial sebaya dapat meningkatkan keterampilan menulis wartasiswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GAGASAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Gagasan Pendidikan Indonesia contains research publications in the field of education such as Model and Modelling, Integrated STEM Education, STEAM Education, Scientific Argumentation, Socio-Scientific Issue Based Teaching and Learning, Model Based Integrated Inquiry in STEM, Model Based Teaching ...