Salah satu tujuan utama perusahaaan adalah meningkatkan kemakmuran kekayaan para pemegang saham. Hal ini bisa dilakukan dengan memaksimumkan Market Value Added (MVA) perusahaan, yaitu nilai perbedaan antara total nilai pasar ekuitas dan total capital supplied dari investor. Ada 3 (tiga) pendekatan Market Value yang digunakan sebagai dasar pengukuran kinerja perusahaan yaitu MVA, Price/book value, dan price/earning ratio. Ketiga variabel ini terkait satu dengan yang lainnya sebab salah satu dari dua komponen yang menyusun ukuran masing-masing adalah sama yaitu market price of equity, komponen lain membedakan MVA dari dua ukuran lainnya yaitu capital untuk MVA, book value untuk price/book value ratio dan EPS untuk price/earning ratio. Sampel penelitian berjumlah 80 perusahaan non-finansial yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan periode waktu penelitian adalah dari tahun 2011-2016. Teknik analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda untuk menguji ke 5 (lima) hipotesis yaitu MVA, ME, P/B, E(+)/P berpengaruh positif terhadap Return saham dan β berpengaruh negatif terhadap return saham. Hasil penlitian menunjukkan bahwa ada dua variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return yaitu price/book value (P/B) dan earning/price positif (E(+)/P) dengan hasil regresi yaitu Return = -2,450+0,471 P/B + 0,264 E(+)/P.
Copyrights © 2017