Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perubahan penyetelan fuel rack pada injectorterhadap daya efektif (), komsumsi bahan bakar (FC), konsumsi bahan bakar spesifik (SFC),efisiensi termal () dan efisiensi mechanic (). Hasil penelitian menunjukan bahwa melaluivariasi fuel rack pada injektor motor diesel injeksi langsung didapatkan nilai daya efektif daribeberapa variasi fuel rack pada injection untuk beban kerja 2.5 MW; daya efektif yang dihasilkanadalah 293.35 kW dan daya efektif yang paling besar adalah 469.32 kW untuk beban kerja 4MW, komsumsi bahan bakar (FC) paling rendah pada beban kerja 2.5 MW dengan variasi118.00 mm tertulis 4.37 kg/h sendangkan komsumsi bahan bakar yang paling banyak terdapatpada beban kerja 3 MW dengan jarak variasi 117.80 mm dengan hasil perhitungan 7.06 kg/h,konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) yang rendah pada beban kerja 4 MW dengan jarak 118.00mm tertulis 0.0104 kg/kW.h sedangkan komsumsi bahan bakar spesifik yang paling tinggiterdapat pada beban kerja 3 MW dengan variasia fuel rack 117.80 mm terdapat 0.0170 kg/kW.h,efisiensi termal () yang terendah pada beban kerja 2.5 MW pada variasi 117.80 mm yaitu13.60 % dan yang paling tinggi adalah pada beban kerja 4 MW pada variasi 118.00 mm yaitu22.25 %. dan efisiensi mechanic () bahwa besaran pemanfaatan energi yang terkadungdalam bahan bakar menjadi tenaga gerak dari beban kerja yang diberikan terhadap variasi fuelrack pada injector adalah 85 % dari semua variasi fuel rack pada injector terhadap variasi bebanyang dibebani.
Copyrights © 2019