Perkembangan industri consumer good mengalami perkembangan yang sangatcepat. Munculnya industri baru menimbulkan tingkat persaingan industri penghasilproduk sejenis dan produk subtitusi semakin meningkat. Hal ini dialami pula olehperusahaan yang bergerak dalam bidang industri minuman dalam kemasan berbahan dasarteh, dimana semakin banyak perusahaan sejenis yang menghasilkan produk serupa danproduk baru turunannya. Kondisi ini mengharuskan perusahaan untuk segera melakukanpengembangan produknya agar tetap mampu bersaing di pasaran.Pengembangan produk didahului dengan suatu riset untuk mendapatkan jawabanterhadap apa yang diinginkan oleh pelanggan. Seperti diketahui bahwa produk (atau jasa)terdiri dari berbagai atribut. Untuk mengetahui kombinasi atribut dari produk yang diinginkanoleh konsumen harus dilakukan penelitian. Analisa Conjoint merupakan metode yang dapatdigunakan untuk mendapatkan kombinasi atribut suatu produk sesuai dengan yangdiinginkan oleh konsumen, sehingga akan didapatkan ukuran kuantitatif terhadap tingkatkegunaan (utility) dan kepentingan relatif (relatif importance) suatu atribut dibandingkandengan atribut yang lainnya. Selanjutnya nilai-nilai ini dapat digunakan untuk menentukanatribut-atribut suatu produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.
Copyrights © 2013