Tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggukapal serta mencari variabel yang paling dominan yang berpengaruh terhadap waktu tunggukapal di Pelabuhan Manokwari. Jumlah sampel penelitian diambil dengan menggunakanProportional random sampling yaitu dengan mengambil sebanyak 77 kapal yang terdiri dari: 19 kapal Penumpang, 31 kapal General Cargo dan 27 kapal Petikemas.Teknik Analisa Regresi Linier Berganda untuk menguji hipotesis digunakan uji F padataraf nyata = 0,05, digunakan untuk mengetahui apakah secara bersama-sama variabelbebas (X) mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat (Y). Nilai signifikan F pengujianhipotesis adalah sebesar 0,000 apabila dibandingkan dengan taraf nyata = 0,05 berarti nilaisignifikan F lebih kecil dari taraf nyata = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersamasama variabel bebas Permintaan Kapal Pandu, Kesiapan Peralatan Bongkar muat, danProduktivitas Bongkar Muat di Dermaga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadapvariabel terikat yaitu waktu tunggu kapal, berarti hipotesis penelitian ini dapat diterima.Variabel Dominan yang mempengaruhi waktu tunggu kapal ditunjukan pada metodestepwise dari regresi yang menyebutkan untuk Kapal Penumpang Variabel yang dominanyang mempengaruhi waktu tunggu kapal adalah variabel (Produktivitas Bongkar muat),untuk kapal General Cargo yang dominan yang mempengaruhi waktu tunggu kapal adalahvariabel (Produktifitas Bongkar Muat) sedangkan Kapal Petikemas variabel yang dominanyang mempengaruhi waktu tunggu kapal adalah (Permintaan Kapal Pandu)Koefesien determinasi mendapatkan nilai adjusted R² untuk Kapal Penumpangsebesar, 0,478. Dengan demikian 4,78% Waiting Time dijelaskan oleh 3 (tiga) variabeltersebut, sedangkan sisanya 52,2% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak termasukdidalam penelitian ini. Koefesien determinasi mendapatkan nilai adjusted R² untuk KapalGeneral Cargo sebesar, 0,236. Dengan demikian 23,6% Waiting Time dijelaskan oleh 3(tiga) variabel tersebut, sedangkan sisanya 76,4 % merupakan pengaruh variabel lain yangtidak termasuk didalam penelitian ini. Koefesien determinasi mendapatkan nilai adjusted R²untuk Kapal Petikemas sebesar, 0,194. Dengan demikian 19,4% Waiting Time di jelaskanoleh 3 (tiga) variabel tersebut , sedangkan sisanya 80,6% merupakan pengaruh variabel lainyang tidak termasuk di dalam penelitian ini.
Copyrights © 2013