Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 9, No 2 (2020)

HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI GEOGRAFI KELAS VIII SMP AL – IRSYAD KOTA TERNATE

Fitri Annisa Djafar (Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unkhair)
Hernita Pasongli (4Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unkhair)
Tamrin Robo (Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unkhair)
A.R Tolangara (Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unkhair)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Keluarga menjadi lingkungan pendidikan yang paling mendasar, pertama dan utama, karena di sinilah anak mengenal dunia pertama kalinya, lingkungan di luar dirinya. Kemudian disebut lingkungan pendidikan yang utama bagi anak, karena keberhasilan pendidikan anak dalam keluarga ketika anak berada dalam usia dini  yang dikenal sebagai usia emas (golden age), akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan periode perkembangan anak berikutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi geografi  kelas VIII SMP Al – Irsyad Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Irsyad Kota Ternate yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi geografi kelas VIII SMP Al-Irsyad Kota Ternate, besar hubungan perhatian orang tua dan prestasi belajar adalah 89 %. Semakin tinggi perhatian orang tua maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Hal   ini   berarti   bentuk-bentuk   perhatian   orang   tua seperti  pemberian bimbingan dan nasehat, pengawasan terhadap anak, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan fasilitas belajar, penciptaan suasana rumah yang tenang, nyaman, dan tenteram serta pemberian keteladanan, pengarahan, dan dukungan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

reforma

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Social Sciences

Description

Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan ...