Journal orientasi bisnis dan entrepeneurship
Vol 1, No 1 (2020): JUNI 2020

PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU LOYAITAS (STUDI EMPIRIK PADA PELAYANAN NON AKADEMIK DI UNIVERSITAS YARSI)

Rini Hidayati (Unknown)
muslikh muslikh (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2021

Abstract

ABSTRAK            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu  pelayanan terhadap  kepuasan  dan perilaku loyalitas mahasiswa serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap perilaku loyalitas  mahasiswa di Universitas YARSI.  Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui apakah kepuasan memediasi pengaruh mutu pelayanan terhadap perilaku loyalitas. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas YARSI. Penelitiaan dilakukan dengan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 78 mahasiswa  Universitas YARSI. Alat analisis data dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan perilaku loyalitas. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku loyalitas mahasiswa  Universitas YARSI . Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan memediasi pengaruh mutu pelayanan terhadap perilaku loyalitas mahasiswa di  Universitas YARSI.Kata kunci :  Mutu Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Mahasiswa, Universitas YARSIThis study aims to determine the effect of service quality on student satisfaction and loyalty behavior and to determine the effect of satisfaction on student loyalty behavior at YARSI University. Besides this research is also to find out whether satisfaction mediates the effect of service quality on loyalty behavior. The research population is YARSI University students. The research was conducted by survey method by distributing questionnaires to 78 YARSI University students. Data analysis tool with path analysis. The results showed that service quality had a positive and significant effect on satisfaction and loyalty behavior. Satisfaction has positive and significant effect on student loyalty behavior at YARSI University. The results also showed that satisfaction mediated the effect of service quality on student loyalty behavior at YARSI University. Keywords: Service Quality, Satisfaction, Student Loyalty, YARSI University

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jobs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JOBS adalah Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship secara periodik yaitu dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI. JOBS memuat hasil riset baik berupa penelitian terapan, konsep, ataupun deskriptif. Artikel yang dimuat merupakan hasil ...