Jurnal Medika Cendikia (e-Journal)
Vol 7 No 02 (2020): Jurnal Medika Cendikia

Aplikasi Pembelajaran dengan Mobile Learning Berbasis Android pada Mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan STIKes Karsa Husada Garut yang Melaksanakan PBL Mata Kuliah Entrepreneurship di Kabupaten Garut

Andhika Lungguh Perceka (Unknown)
Anry Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

Pengembangan aplikasi pembelajaran entrepreuneurship ini didasarkan pada perkembangan teknologi yang sangat pesat, khususnya dalam bidang alat telekomunikasi. Berbagai alat komunikasi canggih yaitu smartphone mulai banyak ditawarkan dengan tujuan untuk menunjang kebutuhan kita. Smartphone berbasis android sangat populer hingga merambah kalangan pelajar. Selain itu dalam kenyataan media pembejaran untuk Entrepreuneurship sangat minim sekali. Untuk itu perlu pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk menjawab tantangan zaman globalisasi yang lebih mengedepankan teknologi informasi yang serba praktis dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas dan menarik atau tidaknya aplikasi pembelajaran mata kuliah entrepreunership dan memaparkan proses pengembangan terhadap hasil belajar mata kuliah entreperenuership tingkat 3 prodi D3 Keperawatan STIKes Karsa Husada Garut. Teknik pengembangan dalam studi telaahan dan pengembangan dengan teknik pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produl awal, 4) validasi pakar, 5) revisi produk I, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk II, dan 8) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah dosen,STIKes kasa Husada Garut dan mahasiswa tingkat 3 Prodi D3 keperawatan dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen uji kelayakan, angket, petunjuk tanyajawab dan lembar pengamatan. Hasil studi telaahan pengembangan aplikasi pembelajaran entrepreuneurship terdapat perbedaan subtansial hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi entrepreuneurship yang ditunjukan dengan analisis data prestest dan posttest dengan taraf kebenaran 0,95 diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Dari studi telaahan ini, pertama telah menjelaskan dengan jelas proses pengembangan media dengan rinci, kedua aplikasi pembelajaran entrepreunership telah diuji oleh para pakar materi, pembelajaran media dan mahasiswa dengan intstrumen uji kelayakan berupa angket didapatkan tanggapan pakar materi 86%, pakar pembelajaran 85%, pakar media 78% dan mahasiswa 84%. Sehingga aplikasi pembelajaran entrepreunership terlihat bagus dan praktis.

Copyrights © 2020