Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam
Vol 9, No 2 (2017)

Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak

Hasrian Rudi Setiawan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Widya Masitah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2017

Abstract

Abstrak Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis pengaruh konsep diri, minat dan inteligensi terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengembangan bahasa anak. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk variabel konsep diri dan minat, nilai ujian untuk variabel hasil belajar dan tes IQ untuk variabel inteligensi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat tiga temuan, yaitu: Pertama, Tidak ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengembangan bahasa anak. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh pada variabel konsep diri sebesar 0,962>0.1. Hal ini berarti  H1 ditolak atau H0 diterima pada tingkat signifikan 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel konsep diri tidak signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar. Kedua, Tidak ada pengaruh signifikan antara minat terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengambangan bahasa anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh pada variabel minat sebesar 0.689>0.1. Hal ini berarti  H1 ditolak atau H0 diterima pada tingkat signifikan 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel minat tidak signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan antara IQ dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengambangan bahasa anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh pada variabel IQ sebesar 0.099<0.1. Hal ini berarti  H0 ditolak atau H1 diterima pada tingkat signifikan 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel IQ berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Keywords: Konsep Diri, Minat, Inteligensi, Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

intiqad

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic economics. ...