Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam
Vol 9, No 1 (2017)

Konsep Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Sistem Pendidikan Muhammadiyah (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 1 Medan)

Aulia , (Mahasiswa Pasca Sarjana UIN SU)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk: mengetahui konsep kepemimpinan dan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah, serta sistem pendidikan di SMP 1 Muhammadiyah Medan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan  metode wawancara dan observasi. Agar data tersebut dapat dipercaya (valid), maka dilakukan pengujian keabsahan data. Langkah terakhir adalah melakukan analisis data, dengan tiga cara: (1) mereduksi data, dengan membuang data yang tidak diperlukan (2) menyajikan data yang sesuai dengan dan menghubungkan antara data yang satu dengan lainnya, sehingga memberikan informasi yang utuh pada permasalahan yang dibicarakan (3) menginterpretasi data tersebut menganalisisnya, dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh informasi bahwa,  konsep kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah dengan memajukan sekolah secara internal dan eksternal, menjalin komunikasi yang baik dengan guru atau pegawai, menanggapi kesulitan yang dihadapi oleh guru dengan melimpahkan kepada ahlinya, menasehati guru atau pegawai yang melanggar peraturan, memberikan penghargaan kepada guru atau pegawai yang berprestasi, mengadakan dan melibatkan guru dan pegawai ketika rapat, menjadi penentu keputusan, menyampaikan visi, misi dan tujuan sekolah, meningkatkan kemampuan manajerialnya melalui informasi dan pelatihan, memberdayakan penggunaan fasilitas sekolah, menanamkan akhlak al-karimah di sekolah, memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja guru, merekrut dan menempatkan guru atau pegawai berdasarkan profesionalitas dan akhlaknya, mengevaluasi kinerja pegawai, khususnya guru, serta yang terakhir ikut berkontribusi terhadap pencapaian prestasi siswa. Adapun pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dapat dilihat dari nilai PKG sebagian guru yaitu, sudah berada pada level amat baik, begitu juga dengan nilai rata-rata keseluruhan guru, sedangkan yang terendah hanya dua orang saja yang berpredikat baik. Kepemimpinan kepala sekolah dalam sistem pendidikan berada di bawah pengawasan dan bertanggung jawab kepada suatu lembaga yang disebut Dikdasmen. Key Word: Konsep Kepemimpinan, Pelaksanaan Supervisi Akademik, Sistem Pendidikan Muhammadiyah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

intiqad

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic economics. ...