Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 1 No. 1 (2020)

Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Nurul Latifah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Ashari Ashari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 May 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan e-modul Fisika dengan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker guna mengetahui kelayakan e-modul, respon, hasil belajar peserta didik terhadap e-modul hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6 Purworejo dengan subjek penelitian adalah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket respon, keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi e-modul Fisika dengan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru Fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,29 termasuk dalam kategori cukup baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Respon peserta didik terhadap e-modul Fisika dengan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada uji coba terbatas diperoleh persentase 81% dengan kategori baik dan tahap penerapan diperoleh persentase 84,6% dengan kategori baik. Hasil belajar pada tahapan penerapan nilai pretest diperoleh nilai rerata 33,19 dan nilai posttest diperoleh rerata 73,47. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh N-gain 0,602 termasuk kategori peningkatan sedang. Dengan demikian, e-modul Fisika yang dikembangkan dikategorikan baik dan layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar Fisika SMA kelas X

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...