Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 1 No. 1 (2020)

Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktf (SBEI) Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika

Linda Kristianti Dewi (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Arif Maftukhin (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 May 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran siklus belajar empiris induktif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMA kelas X.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket sikap ilmiah siswa dan tes hasil belajar yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan α=0,05 menunjukkan (1) thitung=7,12 > 1,998 artinya H0 ditolak dan H1 diterima (thitung DK). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika. (2) pada sikap ilmiah siswa diperoleh thitung 4,09 > 0,156 (thitung>ttabel) keputusan uji H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran siklus belajar empiris induktif berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan alat optik SMA Negeri 5 Purworejo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...