Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 1 No. 1 (2020)

Efektivitas Model Pembelajaran Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa

Fisa Wisnu Wijaya (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Ashari Ashari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Nur Ngazizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 May 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian guna mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran Explicit Instruction berbantu alat peraga dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif yang diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai sejauh mana efektivitas model pembelajaran Explicit Instruction berbantu alat peraga dalam meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X 2 SMA Negeri 3 Purworejo yang berjumlah 32 siswa dari jumlah populasi sebanyak 148 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dilengkapi rubrik dengan skala rating yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, tes tertulis, dan angket siswa sebagai respon pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik persentase Analisis deskriptif menunjukkan bahwa rerata hasil belajar kognitif mengalami mengalami peningkatan sebesar 38,25%, sedangkan pada hasil belajar afektif meningkat sebesar 39,30%. Presentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh yaitu sebesar 87,50% dan peningkatan sikap ilmiah siswa sebesar 13,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction berbantu alat peraga cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...