Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 1 No. 1 (2020)

Pengembangan Program Computerized Adaptive Test Hasil Belajar Fisika SMK

Isma Agung Nurdiansyah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Sriyono Sriyono (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 May 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian guna mengetahui kelayakan program Computerized Adaptive Test (CAT) untuk mengukur hasil belajar Fisika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kuningan. Subjek pada penelitian ini adalah 100 orang siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kuningan. Objek penelitian ini yaitu program CAT untuk mengukur hasil belajar. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes, lembar validasi soal, lembar validasi program, lembar keterbacaan soal, lembar respon siswa dan angket guru. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa program CAT layak untuk dipergunakan dalam mengukur hasil belajar Fisika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kuningan. Ini didapat dari hasil analisis yang menunjukan bahwa (1) instrumen tes valid dan realibel (2) instrumen tes terkategorikan sangat baik dengan skor validasi 4,50 (3) tanggapan siswa terhadap instrumen tes menunjukan respon positif (4) hasil validasi ahli materi terhadap program CAT terkategorikan sangat baik dengan skor validasi 4,28 (5) hasil validasi ahli media terhadap program CAT terkategorikan sangat baik dengan skor validasi 4,33 (6) penilaian siswa terhadap program CAT terkategorikan sangat baik dengan skor penilaian 4,15 (7) penilaian guru terhadap program CAT terkategorikan sangat baik dengan skor penilaian 4,13. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka bisa disimpulan bahwa program CAT layak untuk dipergunakan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...