Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 1 No. 2 (2020)

Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Meidiana Rachmawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia)
Imas Ratna Ermawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia)
Ferawati Ferawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran turut ditentukan oleh proses pembelajaran, salah satunya model pembelajaran yang diterapkan guru di kelas. Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran double loop problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa. Sebagai subjek dalam penelitian adalah siswa SMAN 2 Babelan di kelas X MIA 3 dengan materi pembelajaran usaha dan energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design, sementara teknik pengambilan subjek penelitian adalah sampling purposive. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 33 orang dari kelas X MIA 3. Setelah data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan jumlah sampel sebanyak 71 orang diperoleh thitung = 2,87 dengan ttabel(a = 0.05) = 1,70 sehingga dapat disimpulkan thitung = 2,87 > ttabel(a = 0.05) = 1,70 = 1,70. Maka Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran double loop problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...