Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 1 No. 2 (2020)

Pengembangan Pocket Book Of Physics (PBOP) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Fisika

Khikmah Komariyah Larasyati (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Siska Desy Fatmaryanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Yusro Al Hakim (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android guna mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan, dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Kebumen dengan subyek penelitian berjumlah 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angekt tanggapan peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi media pembelajaran berbasis amdroid dari empat validator yaitu tiga dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,24, termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil belajar peserta didik dilihat dari tugas mandiri diperoleh rerata 85,9 dan post-test diperoleh rerata 89,6. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...