Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 24 No 2 (2018)

PENGGUNAAN TEKNIK PICTURE CUED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING SISWA KELAS XI-IPA DI MA MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN

Fujiono Fujiono (Unknown)
Khairuddin Khairuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untukmenemukan peningkatan kemampuan speaking siswa kelas XI IPA-A padasemester genap, tahun pelajaran 2016/2017, dan siswa kelas XI IPA-B dan XIIPA-C pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di MA Miftahul UlumBettet Pamekasan melalui penggunaan teknik Picture Cued Storytelling.Disamping itu, penelitian ini juga menggambarkan proses belajar mengajartentang penggunaan teknik picture cued storytelling di kelas XI IPA MA MiftahulUlum Bettet Pamekasan.Penelitian ini dilakasanakan didalam bentuk pre-riset dan post tes padasiklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, seperti tahapperencanaan, tahap implementasi, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data darihasil penelitian ini dikumpulkan melalui ceklis pengamatan, kuesioner, dan rubrikpenilaian speaking.Dari hasil pengamatan dan kuesioner dapat disimpulkan bahwa siswamengikuti proses belajar mengajar dengan baik, mereka bisa menunjukkan minatdan sikap percaya diri mereka terhadap materi speaking.Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada peningkatankemampuan speaking siswa kelas XI IPA, hal ini dapat dilihat pada persentasekesuksesan dan nilai rata-rata pada setiap siklus. Pada tahap pre-riset dijelaskanbahwa nilai rata-rata KKM siswa kelas XI-IPA A adalah 61,44 dengan persentasekesuksean 32%, sedangkan nilai rata-rata KKM siswa kelas XI-IPA B adalah 63,6dengan persentase kesuksesan 36,66%, dan nilai rata-rata KKM siswa kelas XIIPAC adalah 66 dengan persentase kesuksesan 43,75%. Pada tahap siklus 1dijelaskan bahwa nilai rata-rata KKM siswa kelas XI-IPA A adalah 75,04 denganpersentase kesuksesan 76%, sedangkan nilai rata-rata KKM siswa kelas XI-IPA Badalah 76 dengan persentase kesuksesan 76,66%, dan nilai rata-rata KKM siswakelas XI-IPA C adalah 70, 625 dengan persentase kesuksesan 53, 125%. Padatahap siklus 2 dijelaskan bahwa nilai rata-rata KKM siswa kelas XI IPA C adalah76, 875 dengan persentase kesuksesan 84, 375%.Berdasarkan data diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan teknikpicture cued storytelling dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa kelasXI-IPA di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...