Kitektro
Vol 5, No 3 (2020)

PENGOLAHAN CITRA TERMAL UNTUK IDENTIFIKASI REGION OF INTEREST (ROI) DAN DETEKSI KESEGARAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)

Tata Arsatria (Magister Teknik Elektro, Universitas Syiah Kuala)
Khairul Munadi (Unknown)
Fitri Arnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan studi awal dalam pengolahan citra termal untuk identifikasi ROI dan deteksi kesegaran pada ikan nila. ROI yang diuji yaitu pada area kepala, badan, dan ekor. Fitur yang diuji yaitu menggunakan suhu dan mean. Hasil menunjukkan bahwa area kepala, badan, dan ekor memiliki tren yang sama dan tidak mencirikan perubahan secara spesifik, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk penentuan ROI dari ketiga area tersebut sebagai indikator kesegaran pada ikan nila. Alternatifnya dapat dilakukan pengujian pada area lebih kecil di tiga bagian tersebut atau bagian spesifik lain dari ikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kitektro

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

KITEKTRO is an online journal (electronic) for Scientific Work of Computer Engineering/Science, Information Technology, and Electrical Engineering field. KITEKTRO has been published as dissemination media of research to public domain. KITEKTRO has been publishing articles since 2012 with e-ISSN: ...