Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH)
Vol 1 No 2 (2019): Desember

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Ferdinant Alexander (Dosen Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Kupang)
Fenni Regina Pono (Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Kupang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

The application of cooperative learning methods types of examples non examples in classroom action research is intended to build students’ imagination and critical thinking skills in learning. It is hoped that learning outcomes in the cognitive domain will increase. This research was conducted in two cycles. The subjects of this study were students in 5th grade of SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kota Kupang totaling 23 students and consisted of 15 male students and 8 female students. Data collection tecniques used was observation, tests, and performance. The data analysis technique used is quantitative and qualitative data analysis. The results of the research showed a significant increase in the average percentage of classical completeness. The researcher concluded that the application of the learning methods succeeded in improving learning outcomes of Christian Religious Education subjects for 5th grade students of SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kota Kupang. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dalam penelitian tindakan kelas kali ini dimaksudkan untuk membangun imajinasi dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar dengan harapan hasil belajar pada ranah kognitif akan meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus kepada siswa kelas V SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kota Kupang yang berjumlah 23 siswa terdiri dari laki-laki 15 siswa dan perempuan 8 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus pertama dan kedua menunjukkan peningkatan yang berarti pada nilai rata-rata persentasi ketuntasan klasikal. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe examples non examples berhasil meningkatkan hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Kristen siswa kelas Vc SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kota Kupang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jireh

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal JIREH: Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian analisis kritis dan aplikasi teori di bidang keberagamaan, kewujudan, dan kemanusiaan. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun pada ...