JIK (Jurnal Ilmu Kebidanan)
Vol. 7 No. 1 (2020): Edisi Desember

ANALISIS TULANG IKAN PADA RONDE KEPERAWATAN DALAM PELAYANAN DI RUMAH SAKIT X JAKARTA (FISH BONE ANALYSIS IN NURSING ROUND AT X HOSPITAL JAKARTA)

Nani Asna Dewi (Universitas Binawan)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2021

Abstract

Latar Belakang: Ronde keperawatan merupakan elemen penting dalam pemberian asuhan keperawatan dan keselamatan pasien. Belum optimalnya ronde keperawatan dirumah sakit akan mempengaruhi kualitas layanan kesehatan sehingga dibutuhkan sebuah komitmen perawat yang mengarah ke perubahan yang lebih baik sesuai visi dan misi rumah sakit yaitu continuum of care. Metode: Metode yang dilakukan yaitu studi analisis dengan menggunakan analisis tulang ikan (fishbone analysis). Hasil: Berdasarkan penerapan inovasi yang dilakukan didapatkan hasil pengetahuan perawat mengenai ronde manajemen keperawatan meningkat 49,25% dan pengalaman dalam melakukan ronde meningkat 39,13%. Hal ini menunjukan peningkatan yang baik dan menunjukkan bahwa implementasi yang dilakukan dinilai efektif dalam hal meningkatkan pengetahuan perawat terhadap ronde manajemen keperawatan. Kesimpulan: Adanya komitmen dari top manajemen memiliki peranan penting dalam optimalisasi program ini sehingga isu terkini yaitu patient center care dapat terakomodir dengan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

JIK terbit pertama kali pada tahun 2014 dalam versi cetak, dan dipublikasikam secara online pada tahun 2015. Tujuan Jurnal Ilmu Kebidanan adalah menyebarluaskan hasil penelitian dan meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah melalui pendekatan interdisipliner dan multidisiplin. Proses pengiriman ...