Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus yang mengupayakan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere sebanyak 36 orang dengan komposisi 16 orang peserta didik laki – laki dan 20 orang peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I berlangsung selama 2 kali pertemuan dan Siklus II selama 2 kali pertemuan. Hasil analisis kuantitatif menjelaskan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor peserta didik kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere, yang terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar Belajar Matematika materi Proyeksi Vektor peserta didik dari 27,78% menjadi 91,67%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere meningkat sebesar 63,89 %, serta rata-rata prestasi belajar siklus I sebesar 67,11 dan pada siklus II sebesar 82,17. Ini berarti terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor sebesar 15,06 dari siklus I ke Siklus II.
Copyrights © 2020