Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol 1, No 2 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru

PENGARUH METODE BERMAIN BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES TENTANG GERAK MENGGIRING BOLA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 5 KOTA BOGOR

Heti Yuliati (SMAN 5 Kota Bogor)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola,  (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola melalui metode bermain berpasangan, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola melalui metode bermain berpasangan. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA E SMAN 5 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain berpasangan  dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X MIPA E  SMA  Negeri 5 Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode bermain berpasangan hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 76% kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metode bermain berpasangan  menjadi 78,4% pada siklus 1 dan   81,1% pada siklus 2. Dengan demikian penggunaan metode bermain berpasangan  yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...