Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola, (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola melalui metode bermain berpasangan, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola melalui metode bermain berpasangan. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA E SMAN 5 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain berpasangan dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X MIPA E SMA Negeri 5 Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode bermain berpasangan hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 76% kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metode bermain berpasangan menjadi 78,4% pada siklus 1 dan 81,1% pada siklus 2. Dengan demikian penggunaan metode bermain berpasangan yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2020