Elastisitas Jurnal Ekonomi Pembangunan
Vol 2 No 1 (2020)

Kompetensi Wirausaha yang Mendorong Keberhasilan Usaha (Studi pada IKM Produk Makanan Olahan Di Provinsi Nusa Tenggara Barat)

Santi Nururly (Unknown)
Mukmin Suryatni (Universitas Mataram)
M. Ilhammuddin (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kompetensi wirausaha yang mendorong keberhasilan Industri Kecil dan Menengah (IKM) pengolahan makanan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Jenis penelitian asosiatif, dengan menggunakan teknik non probability sampling. Unit analisis adalah IKM yang ada di Provinsi NTB, yang mencakup wilayah Pulau Lombok, terdiri dari: Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, dan Wilayah Pulau Sumbawa; Sumbawa Besar. Responden penelitian adalah pemilik atau pengelola usaha IKM yang diperoleh dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini responden adalah IKM yang telah berdiri lebih dari 3 (tiga) tahun dengan pendapatan positif. Jumlah Responden dalam penelitian ini sebanyak 101 pengusaha. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi wirausaha dengan keberhasilan usaha pada IKM pengolahan makanan di Provinsi NTB.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elastisitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Elastisitas adalah Jurnal ilmiah yang dikelola oleh Prodi Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Jurnal Elastisitas mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang ekonomi pembangunan yang meliputi : 1. Perencanaan Pembangunan 2. Ekonomi Sumber ...